Bentuk Kepedulian, Masyarakat Tionghoa Kado 100 Tahun KBS

oleh
Foto U Yen Ketua Paguyuban Masyarakat Tionghoa Kado 100 Tahun KBS
Foto U Yen Ketua Paguyuban Masyarakat Tionghoa Kado 100 Tahun KBS

Surabaya – BSO – Kepedulian warga masyarakat Tionghoa Surabaya tergabung di 19 yayasan seperti PITI, Yayasan Abdi Husada Utama, Prosam Pasar Atom dan Yayasan Adi Yasa memberikan kado 100 Tahun Kebun Binatang Surabaya (KBS) yang kerap disebut Bonbin.

” Kegiatan ini sebagai bentuk wujud dukungan dan kepedulian kami pada 100 tahun KBS, ” Kata U Yen Ketua Paguyuban Masyarakat Tionghoa Sabtu (22/10/2016)

Menurut U Yen menjelaskan, Kebun Binatang Surabaya (KBS) kerap disebut bonbin adalah salah satu icon kota Surabaya yang harus dipertahankan dan dilestarikan yang usianya kini mencapai 100 tahun meskipun terdengar ada kabar konflik internal dan eksternal.

” Kami prihatin dengan kondisi bonbin yang kerap didera konflik. Kota sebesar Surabaya wajib memiliki bonbin yang termasuk paling luas di Asia,” Jelasnya.

U Yen menambahkan, Meski prihatin, dirinya dan kawan-kawan tak mau ikut campur konflik yang ada. Pihaknya mendorong Pemkot Surabaya untuk melakukan revitalisasi KBS. Baik dari segi manajemen maupun sarana dan prasarana.

” Kami mendukung sepenuhnya kegiatan Kado Warga Untuk KBS yang terdiri dari Pameran Foto, peluncuran buku serta pameran konsep KBS ke depan dengan menggelontorkan sejumlah dana,” Pungkasnya.

Masih U Yen berharap, KBS kedepan harus lebih bersih dan bebas bau. Jangan sampe pengunjung terganggu dengan bau dari para hewan itu akibat kebersihan kandangnya kurang terjaga.

” Semoga KBS yang menjadi icon kota surabaya  ini kedepannya harus menjadi lebih baik lagi di semua sisi,” Imbuhnya.

Sebagai bentuk dukungan dan kepedulian warga masyarakat Tionghoa bersama Komunitas Jurnalis Peduli Lingkungan (KJPL) dan beberapa elemen masyarakat seperti Surabaya Punya Cerita, Turun Tangan Surabaya, Surabaya Tempo Dulu, Rumah Belajar Pandawa memberi kado untuk KBS menyambut Abad ke dua mendapat banyak dukungan.

Foto Bakti Sosial Paguyuban Masyarakat Tionghoa
Foto Bakti Sosial Paguyuban Masyarakat Tionghoa

Perlu diketahui, Paguyuban warga Masyarakat Tionghoa bergerak di bidang sosial tanpa memandang latar belakang ataupun agama. Berbagai kegiatan sosial seperti operasi katarak telah digelar. Kedepan, pada tanggal 21 November, mereka akan menggelar operasi katarak gratis bagi 300 warga tak mampu di RS Kodam V Brawijaya.

Rangkaian kegiatan Kado Warga Untuk KBS tersebut akan di gelar di Grand City pada tanggal 14-20 November. Selain pameran foto dan peluncuran buku, beragam aktivitas menarik akan digelar guna memuaskan warga pecinta KBS. (irw/KJPL)