Komisi B Dorong PD Pasar Surya Segera Revitalisasi Pasar Kembang

oleh

Surabaya – Komisi B DPRD Surabaya melakukan inspeksi mendadak (sidak) di Pasar Kembang Pusat Grosir Jajan Surabaya jalan Pasar Kembang Surabaya. Sabtu (7/1/2022) pagi

Wakil Ketua Komisi B Anas Karno mengatakan, sidak hari ini mendapat sambutan baik dari Direktur Utama (Dirut) PD Pasar Surya Surabaya

“Tadi kita kontak kontak”an dengan pak Dirut PD Pasar Surya beliau langsung meluncur datang disini juga,” ujar Anas Karno. Sabtu (7/1/2022) pagi

Menurut legislator PDIP ini, karena PD  Pasar Surya Kita Surabaya mempunyai misi dan harapan yang sama dengan komisi B DPRD Surabaya.

“Karena ini mengingat musim hujan pasar (Kembang) ini kondisinya kalau dilihat dari sisi selatan cukup parah,” ungkapnya.

Oleh karena itu, Anas berharap, agar PD Pasar Surya segera merevitalisasi pasar kembang yang menjadi pusat grosir jajan Surabaya.

“Mengingat pasar kembang ini dikenal dengan pusat grosir jajanan tradisional di pasar ini,” katanya

Menurut Anas, banyak pedagang jajan maupun warga surabaya yang akan menggelar hajatan kulakan di pasar ini karena dikenal harganya murah.

“Jajanan tradisional di pasar (Kembang) ini sebagai icon kota Surabaya juga,”  tandasnya

Menanggapi usulan revitalisasi pasar ini Direktur Utama PD Pasar Surya Kota Surabaya, Agus Priyo mengatakan, PD  Pasar Surya sudah mengajukan beberapa program untuk ditindaklanjuti.

“Ada beberapa pasar yang perlu direvitalisasi,” ujar Agus Priyo kepada wartawan.

Agus menjelaskan, pertama di pasar kembang sesuai petunjuk dari wakil ketua komisi B, jika nantinya proses dari penyertaan modal itu terealisasi.

“Kami perioritaskan pasar kembang ini sesuai dengan semangat dari pak wali kota cak Eri Cahyadi untuk mengembangkan UMKM,” terangnya

Menurut Agus, karena UMKM ini sebagai pendukung perekonomian di kota Surabaya juga sesuai arahan dari wakil ketua komisi B DPRD Surabaya.

“Agar (Pasar) ini diperhatikan betul betul baik dari sisi keamanan dan kenyamanan pembeli maupun pengunjung,” katanya.

“Serta nantinya bagaimana folw dari pembeli ini yang sementara masih  dilokalisir agar tidak terjadi keruwetan,” imbuhnya.

Target pelaksanaan revitalisasi pasar ini Agus berjanji secepatnya dengan cacatan penyertaan modal sudah ada di PD pasar Surya

“Secepatnya kami merevitalisasi jika penyertaan modal sudah ada di kami (PD Pasar Surya Surabaya),” katanya.

Untuk mapping revitalisasi pasar ini, Agus mengaku, sudah dilakukan kemarin oleh direksi bidang DTU bahkan menghitung berapa RAPB untuk perbaikan.

“Yang pasti saya minta dari direktur bidang untuk memperhatikan keamanan baik dari pedagang maupun pengunjung,” pungkasnya. (irw)