Pimpinan DPRD Ajak Generasi Muda Ciptakan Demokrasi yang Semakin Berkualitas

oleh

Surabaya – Rombongan mahasiswa fakultas ilmu sosial dan hukum UNESA mendapat wawasan tentang peran DPRD dalam menjalankan fungsi legislasi secara langsung dari Wakil Ketua DPRD Kota Surabaya Reni Astuti, di gedung DPRD Surabaya, Jumat (09/12/2022).

Rombongan mahasiswa yang tergabung dalam prodi ilmu hukum ini, nampak antusias mengikuti pemaparan pimpinan DPRD yang digelar di Ruang Badan Musyawarah Lantai 2 DPRD Surabaya tersebut.

Didepan para mahasiswa, Reni menjelaskan secara gamblang tentang peran pemerintah dalam penyelenggaraan pembangunan merujuk Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2004.

Selain itu, Reni juga mengatakan tentang sosialisasi dan edukasi perihal tugas,  pokok, dan fungsi (tupoksi) DPRD dalam menjalankan fungsi legislasi, penganggaran dan pengawasan terhadap pemerintah.

Reni juga memacu spirit dan mendorong para generasi muda untuk terlibat dan berpartisipasi aktif menjadikan demokrasi semakin berkualitas.

“Siapapun berkesempatan jadi anggota dewan, dan moga-moga kedepan biaya politik tidak high cost, alhasil bukan mereka yang uangnya banyak yang terpilih, tapi mereka yang benar-benar dipercaya yang terpilih,” tuturnya.

Lebih lanjut, pihaknya juga memberi pesan dan dukungan kepada muda-mudi itu untuk terus semangat dan tekun belajar meraih hal yang mereka cita-citakan untuk menjadi pribadi yang pengaruh dan manfaat lebih luas.

Selain itu ia pun menanggapi pertanyaan perihal protes atau demo mahasiswa, ia  pun merespon positif hal demikian demi terbukanya ruang demokrasi yang semakin baik, termasuk melalui kanal sosial media.

“Siapa saja bisa menjangkau pemimpinnya, ditambah punya argumentasi bagus, penyampaian yang baik, dan tulus membangun daerah, sampaikan saja,” ucapnya.

Antusiasme mereka pun begitu terlihat ketika banyak yang melontarkan  pertanyaan baik isu kesejahteraan, sosial, ekonomi, hingga dinamika politik.

Keseruan pun berlanjut, usai forum, mereka diajak politisi PKS itu untuk berkeliling  mulai mengunjungi ruang kerja pribadi hingga menjajal masuk ruang paripurna.

Bagi mereka, ini merupakan pengalaman berkesan untuk bisa menyambangi langsung kantor wakil rakyat bersama legislator kawakan Kota Pahlawan.

“Kami jadi tau banyak soal seluk beluk DPRD, terus juga bu Reni ramah dan  terbuka, jadi kita gak malu kalo mau nanya,” jawab Habib.

“Terima kasih banyak bu Reni untuk kesempatan berbaginya,” saut Mira beserta rekan-rekan satu prodinya.   (*)