Prihatin Atas Fasilitas, Pengurus PAC PDI-Perjuangan Surabaya Gelar Baksos Dimakam KH Hasbulloh

oleh
foto seluruh pac pdip gelar baksos
foto seluruh pac pdip gelar baksos

 

Surabaya – Keprihatinan atas fasilitas dinilai kurang layak untuk digunakan, Pengurus PAC PDI-Perjuangan Se-Kota Surabaya melakukan kegiatan bakti sosial (Baksos) dengan memperbaiki beberapa tempat fasilitas didalam area makam Waliyulloh Syech Umar Sumbawa dan KH Hasbulloh di jalan Nambangan Perak diwilayah kecamatan bulak surabaya.

“Kegiatan bakti sosial (Baksos) ini merupakan inisiatif dari pengurus PAC PDI-Perjuangan Se- Kota Surabaya secara spontanitas,” Ujar Agus Basuki Ketua PAC Mulyorejo PDI-perjuangan Kota Surabaya. Minggu (10/12/2017)

Kegiatan Baksos ini, Kata Agus, Bermula saat melaksanakan ziarah di makam Waliyulloh Syech Umar Sumbawa dan KH Hasbulloh di jalan Nambangan Perak diwilayah Kecamatan Bulak Surabaya ini perlu dibantu karena terlihat beberapa tempat fasilitas yang kurang layak untuk digunakan.

“Ada tiga tempat fasilitas yang perlu diperbaiki seperti tempat penyimpan air bersih (Tandon), Tempat air Wudhu, dan kamar mandi terlihat kurang layak untuk digunakan,” Katanya, ditemui dilokasi baksos.

Dari ketiga tempat fasilitas terpenting diperbaiki, Menurut Agus, Terpenting adalah tempat penyimpan air bersih (Tandon), yang selama ini masih menggunakan air laut digunakan untuk berwudhu, sehingga tak nyaman untuk digunakan atau dipakai bagi para jamaah saat melaksanakan ziarah di makam.

“Kami sangat prihatin melihat kondisi seperti ini, Diharapkan kedepan saluran air bersih (PDAM) bisa mengaliri ke dalam area makam ini, sehingga para jamaah bisa berziarah lebih nyaman,” Imbuhnya.

Dalam kegiatan bakti sosial (Baksos) dengan melakukan perbaikan sejumlah tempat fasilitas sekaligus bersih -bersih didalam area makam tersebut, dilakukan secara bertahap selama 3 hari secara bergotong royong yang disaksikan oleh salah satu pengurus makam Waliyulloh Syech Umar Sumbawa dan KH Hasbulloh di jalan kedung cowek VII / 3 Surabaya berada dikawasan pemukiman kampung nelayan kenjeran.

“Kegiatan baksos yang dilakukan oleh pengurus PDI-Perjuangan ini sangat bagus dan luar biasa sekali,” Ujar RH Jaun Fahmi Hilmi pengurus makam Waliyulloh Syech Umar Sumbawa dan KH Hasbulloh.

Baksos digelar oleh pengurus PAC PDI-Perjuangan Kota Surabaya ini, Menurut Gus Fahmi merupakan Cicit dari Sohibul Maqom ini, Bahwa PDI-Perjuangan yang selama ini dicap oleh sekolompok orang yang dikatakan kurang peduli dengan keagamaan, tetapi sekarang riilnya sudah kelihatan, terbukti bisa menggelar baksos dimakam ini.

“Sekarang kita bisa melihat, pengurus PDI-Perjuangan bisa bergerak menggelar baksos dalam urusan keagamaan berarti ikut memfasilitasi orang-orang yang berziarah di makam ini,” Katanya. saat ditemui dilokasi baksos.

Lanjut Gus Fahmi menyampaikan, Apreasi dan berterima kasih kepada seluruh pengurus, kader dan simpatisan PDI-Perjuangan Se-Kota Surabaya yang begitu peduli atas kondisi fasilitas saat ini, sehingga menggelar baksos dengan memperbaiki beberapa tempat fasilitas di makam Waliyulloh Syech Umar Sumbawa dan KH Hasbulloh.

“Sekali lagi saya mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada pengurus, kader dan simpatisan PDI-Perjuangan Se-Kota Surabaya atas kepeduliannya memperbaiki tiga fasilitas di makam ini,” Pungkasnya.

Dari pantuan dilokasi, informasi didapat, di dalam area makam tersebut, diketahui belum teraliri aliran listik (Meteran listrik) yang biasanya menempel di dinding tembok bangunan, selama ini masih menggunakan mesin Gensed untuk penerangan, selain itu, belum teraliri saluran air bersih (PDAM). (irw)