Rencana Pasar Kendangsari gang lebar akan direvitalisasi, Komisi B : Memang Sudah Waktunya

oleh

Surabaya – Saat melakukan inspeksi mendadak (Sidak), Komisi B DPRD Kota Surabaya mendapatkan kabar terkait pasar Kendangsari.

Bahwa, pasar tradisional berada di jalan Kendangsari gang lebar dikelola oleh PD Pasar Surya ini rencananya akan direvitalisasi tahun 2023.

“Dari hasil sidak bahwa pasar itu memang sudah waktunya direncanakan revitalisasi tahun 2023,” ujar Anas Karno Wakil Ketua Komisi B.Senin (26/12/2022)

Pasar Kendangsari ini, menurut legislator PDIP ini, sudah waktunya direvitalisasi karena mengingat kondisinya cukup memprihatinkan.

“Menurut warga dan pedagang bahwa pasar kendangsari ini sudah ada sejak hampir 50 tahun yang lalu,” ungkapnya.

Artinya, Anas menjelaskan, bahwa kondisi tanah pasar yang ada disana terlihat asli tanah liat bahkan kayu stand pasar banyak yang keropos.

“Kondisi seperti itu kata pedagang bisa membahayakan bagi pedagang dan warga yang belanja di pasar itu,” katanya

Selain pedagang dan warga, kata Anas,  Dirut PD Pasar Surya juga menyampaikan hal yang sama tentang kondisi pasar tersebut.

“Kita (Komisi B red) bersama PD Pasar Surya melakukan langkah langkah yang terbaik untuk pasar pasar yang menjadi perioritas untuk diperbaiki,” tuturnya.

Sehingga, menurut Anas, pasar tersebut menjadi bersih dan nyaman bagi para pedagang dan warga sekitar yang ingin belanja.

“Itu akan meningkatkan ekonomi bagi para pedagang pasar yang ada disana (Kendangsari red),” katanya.

Sementara itu, Direktur Utama PD Pasar Surya Surabaya, Agus Priyo, mengatakan  ada rencana revitalisasi notabene bersifat urgent yang membahayakan keselamatan seperti atap kayu pasar yang rata rata sudah keropos.

“Itu yang kita utamakan,” ujar Agus Priyo saat dikonfirmasi wartawan.

Menurut Agus, itu akan menjadi safety sesuai arahan dari wakil komisi B Anas Karno.

“Nomer satu kita (PD Pasar Surya red) adalah safety itu yang utama,” katanya

Untuk pelaksanaan revitalisasi, Agus belum bisa menyebutkan kapan waktunya, karena menurut ia, pihaknya masih menunggu penyertaan modal.

“Tapi untuk Kendangsari (Pasar) sudah dilaksanakan perbaikan perbaikan pasar meskipun kecil kecilan,” terangnya.

Untuk jumlah kios di pasar Kendangsari ini Agus juga belum mengetahui persis berapa jumlah kios yang ada di pasar tersebut.

“Kalau jumlahnya saya kurang tahu persis mungkin antara 100 sampai 200 kios,” pungkasnya. (irw)